Kiat Menjadi Orang Tua Bijak Bagi Perkembangan Karakter Anak

Oleh: Firma Novita (Widyaiswara Pertama BKKBN)

Anak merupakan aset berharga keluarga di masa depan yang akan meneruskan garis keturunan. canada goose pas cher Pengasuhan dan pendidikan yang baik sangat berpengaruh terhadap pola tingkah laku dan penataan masa depan yang baik bagi seorang anak. nike air huarache timberland femme tn nike Apabila keluarga, terutama orang tua salah dalam mendidik anak-anaknya, maka berkemungkinan besar akan mendatangkan hal yang buruk bagi anak dan keluarga itu sendiri.

Pemberian pola asuh yang benar dan penanaman sifat kepatuhan mempunyai porsi yang besar dalam mempengaruhi tumbuh kembang anak. nike air max thea Namun demikian, kepatuhan seorang anak harus berasal dari dalam diri anak sendiri. ugg homme Sedangkan yang menjadi tugas orang tua adalah untuk membantu anak-anak memahami nilai-nilai kepatuhan tersebut, terutama saat anak menginjak usia remaja. newbalance 2018 Masa remaja merupakan masa yang menimbulkan kekhawatiran yang besar bagi para orang tua terhadap anak-anak mereka. Akan tetapi hal tersebut dapat dikurangi apabila orang tua telah melakukan pola didikan yang baik sejak anak berusia dini. soldes newbalance Chaussures NEW BALANCE Namun terkadang orang tua tidak sadar telah melakukan kesalahan dalam mendidik anak mereka. timberland sitemap Kesalahan-kesalahan yang tidak disadari inilah yang menyebabkan anak-anak tidak menghargai bahkan memberontak terhadap orang tua pada saat memasuki usia remaja, yang lebih trend dikenal sebagai masa pencarian jati diri.

Terdapat banyak pertimbangan, langkah dan saran yang bisa dilakukan oleh para orang tua yang penulis peroleh dari berbagai sumber, antara lain:

Hindari menjadikan anak sebagai duplikat orang tua

Setiap anak yang lahir ke dunia ini tumbuh sebagai seorang individu. ugg femme chaussures newbalance pas cher Orang tua harus paham bahwa memaksakan kehendak Anda kepada anak Anda tidak akan pernah mendatangkan kebaikan. ugg femme air max thea blanche air max thea blanche Apalagi membanding-bandingkan diri dengan anak, akan membuat anak menjadi frustasi dan tidak mempunyai tempat di dalam keluarga. nike air max tavas nike air max 2017 Orang tua perlu memahami karakter anak dan carilah tahu ketertarikannya akan sesuatu. veste homme canada goose pas cher Timberland FR prix Canada Goose FR France Kemudian bimbinglah agar mereka tetap berada pada koridor yang baik dan aman.

Bentuk diri sebagai teladan bagi anak

Seorang anak mempunyai sifat alami mudah menyerap informasi saat berad di usia balita. Doudoune Canada Goose Moncler doudoune pas cher Soldes Timberland ugg soldes 2018 Berbagai hal baik dan buruk dalam masa pertumbuhan akan mudah mereka serap. ugg outlet france Chaussures Homme Asics air max thea blanche Kondisi tersebut membuat perilaku dan karakter terbentuk pada masa ini. new balance 2018 vente de asics timberland pas cher Orang tua harus bersikap lembut dan sabar. asics pas cher Timberland Soldes Berusahalah menjadi orang tua yang penuh cinta kasih, ramah, murah hati. puma chaussure 2018 nike internationalist soldes Saat anak-anak melihat orang tua sebagai teladan yang baik, maka mereka tentu akan mencoba untuk meng-copy paste apa yang telah dilakukan.

Menegur anak dengan cara yang bijak

Sebagian besar anak tentunya seringkali melakukan kesalahan-kesalahan yang sama. basket nike doudoune moncler pas cher Canada Goose Homme Orang tua yang baik adalah ketika anak melakukan kesalahan, tugas orang tualah untuk menegur dan mengingatkan dengan cara yang bijak. moncler Doudounes doudoune moncler soldes Berikan teguran dengan cara yang lemah lembut, tutur kata yang baik, serta penuh makna yang mudah diserap anak. ugg australia pas cher femme chaussures puma nike femme nike air max 97 Segala bentuk kata kasar, makian, dan hinaan hanya akan membuat perasaan anak terluka, sehingga dapat memunculkan rasa dendam dalam diri anak.

Dan apabila orang tua yang melakukan kesalahan, janganlah merasa gengsi untuk meminta maaf pada anak. timberland soldes Jangan malu untuk meminta maaf kepada mereka. timberland boots homme nike cortez Dengan cara ini para orang tua akan menunjukkan kepada mereka arti sebuah kebesaran hati.

Jangan pelit memberi pujian

Pujian pada dasarnya menjadi serum untuk membuat seseorang menjadi lebih termotivasi dan bersemangat. nike air presto puma basket Tidak ada seorangpun yang tidak akan bangga dan senang jika dipuji, termasuk anak-anak. nike air max 97 veste homme canada goose pas cher puma 2018 pas cher nike air max tn Berikanlah pujilah anak-anak Anda dengan wajar dan tepat saat mereka berhasil melakukan sesuatu. tn requin pas cher homme nike chaussures veste canada goose Hal ini dikarenakan pujian tidak hanya akan membangkitkan rasa percaya diri si anak, namun pujian tentu akan memberikan pelajaran kepada anak agar mereka lebih mudah untuk menghargai oranglain yang ada disekitar mereka.

Jagalah hubungan yang intensif didalam keluarga dan anak.

Di dalam keluarga, hubungan yang baik dan dekat antara orang tua dan anak merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga. asics chaussures sitemap nike air max 1 ugg outlet france Apabila hubungan antara orang tua dan anak terjalin harmonis maka komunikasi dua arah akan terjalin dengan baik.

Namun demikian, sebagaimana yang kita tahu tidak ada seorang pun yang diciptakan dengan karakteristik yang sama sehingga pola pendidikan terhadap satu orang dengan orang yang lain dapat berbeda-beda. Anak perlu dipahami dengan baik, jangan terlalu memaksakan dan mengendalikan anak dengan cara yang terlalu keras. puma 2018 pas cher soldes timberland Para orang tua tidak boleh melampiaskan emosi kepada anak. asics chaussures Chaussures New Balance Berikan mereka perlakuan dan contoh akhlak yang terpuji. chaussures puma pas cher Jangan berikan contoh yang membuat karakter dan mental anak tertekan karena anak akan selalu meng-copy apa yang pernah orang tua lakukan, baik atau buruk seumur hidup mereka.

Menjadikan anak yang patuh dan menghormati orang lain, dapat dibentuk sedari diri didalam keluarga dengan memberikan penteladanan yang baik dan konsisten dari orang tua.

Namun demikian, pada dasarnya terdapat banyak cara dan dapat dilakukan orang tua untuk menunjang pertumbuhan anak dari aspek psikologis.