Penataan Tata Laksana

Kejelasan proses bisnis proses tatalaksana dalam instansi pemerintah juga sering menjadi kendala penyelenggaraan pemerintahan. Berbagai hal yang seharusnya dapat dilakukan secara cepat seringkali harus berjalan tanpa proses yang pasti karena tidak terdapat sistem tatalaksana yang baik. Karena itu, perubahan pada sistem tatalaksana sangat diperlukan dalam rangka mendorong efisiensi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan, sekaligus juga untuk mengubah mental aparatur.  Dalam hal ini,  BKKBN telah berupaya  untuk memperbaiki tatalaksana yang selama ini sudah terbentuk dalam suatu sistem manajemen melalui SOP yang telah diimplementasikan sejak tahun 2012.

BKKBN telah melakukan pemetaan bisnis proses (business process map), pemetaan pola hubungan (relationship map) dan pemetaan hubungan antar fungsi (cross functional map) pada semua proses manajemen yang ada di BKKBN, mencakup kegiatan utama dan kegiatan pendukung yang sesuai dengan tugas dan fungsi. Berdasarkan pemetaan tersebut, tergambar secara jelas bahwa tiap unit kerja melakukan proses bisnis tertentu dan Seluruh peta proses bisnis di BKKBN telah dijabarkan dalam SOP, yang dibuktikan dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang digunakan pada seluruh aktifitas pada setiap unit kerja.

Dalam memberikan layanan yang mudah BKKBN BKKBN telah melakukan implementasi pengembangan e-government untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *